Site Loader

Latar belakang Anonimitas adalah tidak beridentitas merupakan suatutuIndakan untuk merahasiakan identitas baik itu nama atau identitas lainnyadengan berbagai tujuan, baik itu positif maupun negatif banyak sekali tindakansara dan profokatif yang tidak bertanggung jawab bermunculan tanpa dapat diketahui siapa yang melakukannya dikarenakan tidak terdapatnya identitas dalamhal ini.Tujuan1.      Mengetahuifaktor-faktor pengguna internet menggunakan anonimitas untuk menyembunyikanidentitasnya.2.      Mengetahuikekurangan pengguna internet menggunakan anonimitas untuk menyembunyikanindentitasnya.3.      Mengetahuiakibat pengguna internet menggunakan anonimitas untuk menyembunyikan identitasnya.

Pertanyaan1.      Apafaktor penyebab pengguna internet memggunakan anonimitas untuk menyembunyikanidentitasnya2.      Apakekurangan pengguna internet menggunakan anonimitas untuk menyembunyikan identitasnya3.      Apaakibat pengguna internet menggunakan anonimitas untuk menyembunyikanidentitasnyaIsiInternetmerupakan suatu jaringan dimana semua yang ada di dalamnya saling terhubung.

Dalamjaringan internet terdapat banyak sekali kegunaan tetapi bagai dua sisi matauang, internet juga dapat di salah gunakan untuk bebagai macam kejahatan. Salahsatu kegunaan internet adalah sebagai media sosial.Media sosial merupakan suatutempat untuk saling bertukar informasi, dalam media sosial banyak sekaliterdapat keuntungan tetapi juga bisa di salah gunakan. Salah satupenyalahgunaan sosial media adalah sebagian orang yang tidak bertanggung jawabmenyebar banyak sekali isu sara, profokasi dan berita palsu, terlebih lagi halini di lakukan secara anonim atau tidak beridentitas, praktek anonimitas initentunya merupakan tindakan yang sangat tidak terpuji dikarenakan pelaku dengantidak bertanggung jawab melakukan kejahatan tanpa berani untuk menunjukan siapadirinya.

Anonimitasmenurut saya adalah salah satu bentuk kejahatan jika mereka menyebarkan beritapalsu yang dapat mengadu domba beberapa pihak yang dapat terprofokasi.  Kejahatan tersebut dapat tergolong kejahatanberat,mungkin karena pihak yang tidak bertanggungjawab tersebut suatu bangsadapaat perpecah belah karena isu tentang agama atau yang lainnya. Ditanganoknum yang tidak bertanggung jawab menggunakan kebebasan untuk berselancar didunia maya dengan memanfaatkan mode “anonimous” atau tanpa identitas,merekadapat membuat masalah untuk menghancurkan bangsanya sendiri maupun bangsalainnya. Dengan tanpa identitas mereka bebas melakukan semaunya atas keinginansendiri maupun atas perintah seseorang untuk memviralkan berita yang belum tentukebenarannya.

Akibatnya banyak yang terprofokasi dengan saudara sebangsanyahingga lupa isi sila ke-3 dalam Pancasila tentang “Persatuan Indonesia”. KesimpulanAnonimitasdapat mengancam kesatuan suatu bangsa, jika digunakan untuk menyebarkanbeberapa berita palsu yang belum tentu kebenarannya. Tetepi juga dapat bergunaappabila digunakan dengan bijak.

Post Author: admin

x

Hi!
I'm Dora!

Would you like to get a custom essay? How about receiving a customized one?

Check it out