Site Loader
Rock Street, San Francisco

1.1Latar Belakang MasalahPemasaranatau dalam bahasa Inggris “marketing” adalah suatu kegiatanpemasar dalam menjalankan suatu bisnis guna memenuhi kebutuhan pasar akanpermintaan barang atau jasa, sehingga nantinya dapat memperolehkeuntungan yang diharapkan melalui proses pertukaran atau transaksi.

Menurut Kotler(2001) pemasaran merupakan bekerja dan terfokus pada sebuah pasar sasaran agarterwujudnya sikap pertukaran yang potensial dengan tujuan untuk memuaskankebutuhan serta keinginan konsumen. Maka dapat dikatakan bahwa keberhasilanpemasaran merupakan kunci awal kesuksesan dari suatu perusahaan. Kegiatanpemasaran yang dilakukan perusahaan harus dapat memberikankepuasan kepada konsumen. Bila perusahaan ingin mendapatkan tanggapan baik darikonsumen maka perusahaan harus bertanggung jawab atas produk yang merekatawarkan. Dengan demikian, maka segala aktivitas perusahaanharus diarahkanuntuk dapat memuaskan keinginan konsumen yang pada akhirnya dapatmencapai tujuan perusahaan yaitu memperoleh laba yang sebesar-besarnya.

Best services for writing your paper according to Trustpilot

Premium Partner
From $18.00 per page
4,8 / 5
4,80
Writers Experience
4,80
Delivery
4,90
Support
4,70
Price
Recommended Service
From $13.90 per page
4,6 / 5
4,70
Writers Experience
4,70
Delivery
4,60
Support
4,60
Price
From $20.00 per page
4,5 / 5
4,80
Writers Experience
4,50
Delivery
4,40
Support
4,10
Price
* All Partners were chosen among 50+ writing services by our Customer Satisfaction Team

Beragam produk baruditawarkan perusahaan untuk konsumen, dimana konsumen dapat memberikankeputusan mereka untuk menggunakan tawaran tersebut atau tidak. Keputusanberarti memilih satu diantara sekian banyak pilihan alternatif yang tersedia.Pada umumnya, sebuah keputusan dibuat untuk memecahkan suatu masalah ataupersoalan.

Menurut Supranto (1998, h.1-2) setiap keputusan yang dibuat pastiada sebuah tujuan yang hendak dicapai. Intinya, keputusan yang dibuat merupakantitik awal dalam perumusan bermacam alternatif tindakan dan kemudian memilihalternatif yang tepat yang sebelumnya telah dilakukan penilaian atau evaluasi.

Fokus penelitian ini padasebuah keputusan nasabah untuk menggunakan ATM (Anjungan Tunai Mandiri) SetorTunai sebagai alternatif lain untuk menyetorkan sejumlah uang kesaldo tabungan mereka.Diharapkan keputusan yang diambil nasabah nantinya dapat memberikan kemudahanbagi nasabah itu sendiri dalam melakukan berbagai transaksi dan juga memberikankemudahan bagi petugas karena dapat mengurangi antrian para nasabah di kantorcabang.Persepsi nasabah merupakanfaktor yang perlu dipertimbangkan sebelum nasabah menggunakan fasilitas ATMsetor tunai.

Kotler (2003:216) mengungkapkan bahwa persepsi tidak hanya tergantungpada sebuah rangsangan fisik tetapi juga rangsangan yang berhubungan denganlingkungan sekitar maupun berhubungan dengan keadaan individu yangbersangkutan. Selanjutnya, menurut Sunarto (2006) persepsi merupakan prosesdimana individu diekspos untuk menerima informasi tersebut dan memahaminya.Pada tahapan pemaparan konsumen menerima informasi melalui panca indera.

Kemudian, pada tahap perhatian, mereka mengalokasikan kapasitas pemrosesanmenjadi rangsangan. Selanjutnya, pada tahap pemahaman, mereka menyusun danmenginterprestasikan informasi untuk mendapatkan arti tentang informasitersebut. Pemahaman merupakan suatu proses rangsangan panca indera sehinggamereka dapat memahaminya.

Pada penelitian sebelumnya tentang persepsi terhadapkeputusan pernah dilakukan oleh Rico Saputra (2013) yang menunjukkan bahwapersepsi berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian Mobil Daihatsu Xeniadi Sidoarjo dan penelitian oleh Meirieska Kaunang , Jentje Sepang, JopieRotinsulu (2015) juga menunjukkan hasil yang sama bahwa persepsi secara parsialberpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian sepeda motor di KecamatanMalalayang kota Manado. Hal ini berbeda dengan hasil penelitian yang dilakukanoleh Anggita Novita Gampu, Lotje Kawet,Yantje Uhing (2013) bahwa persepsi secara parsial tidak berpengaruhsignifikan terhadap keputusan nasabah dalam memilih PT. Bank SulutGo CabangUtama Manado. Konsumen akanmemperlihatkan perilakunya setelah memberikan persepsi atau anggapan merekaterhadap keputusan yang telah mereka ambil.

Selanjutnya, kalau persepsi nasabahpositif maka akan muncul rasa kepercayaan untuk menggunakan kembali produktersebut. Faktor kepercayaan juga memberikan pengaruh terhadap keputusannasabah untuk menggunakan ATM setor tunai. Menurut Peelen dan Beltman (2013:11)kepercayaan merupakan sebuah kemauan untuk bergantung terhadap rekan yang dapatdipercayai. Menurut Morgan dan Hunt (1994) kepercayaanadalah satu variabel kunci dalam memelihara hubungan jangka panjang, termasuk sebuahmerek.

Hubungan jangka panjang akan meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap harapanyang akan diterimanya dari perusahaan (Gwinner, Gremler dan Bitner dalm Simon,Auh dan Smalley, 2005), sehingga nantinya dapat mengurangi kegelisahan konsumenterhadap pelayanan yang diterimanya.Danpenelitian mengenai kepercayaan seseorang juga pernah dilakukan sebelumnya.Penelitian dari Luh Alviolita Kusuma Nusarika (2015) menunjukkan hasil bahwakepercayaan secara parsial dan simultan berpengaruh positif terhadap niat beliproduk fashion online di Kota Denpasar. Penelitian lain yang pernah dilakukanyaitu oleh Tika Dian Alfatris (2014) yang menunjukkan kepercayaan berpengaruhpositif dan signifikan terhadap minat beli. Berbeda dengan penelitian tersebut,Penelitian terdahulu dari Deddy RakhmadHidayat, Muhammad Riza Firdaus (2014) menyatakan bahwa kepercayaanberpengaruh tidak signifikan terhadap loyalitas pelanggan.Faktor kepercayaan menjadi hal yang sangat penting, konsepkepercayaan berarti bahwa nasabah percaya terhadap kehandalan pihak bankmemberikan pelayanan yang terbaik dan juga dapat menjamin keamanan dana nasabahjika nantinya terjadi sesuatu yang tidak diinginkan saat melakukan transaksi. Dengan adanyapertimbangan persepsi nasabah dan juga rasa kepercayaan nasabah setelahmenggunakan fasilitas tersebut maka akan memberikan pengaruh terhadap keputusanlanjutan yang akan diambil oleh nasabah.

Keputusan inilah yang akan menentukannasabah untuk  mencoba menggunakan fasilitasbaru yang disediakan oleh pihak bank BRI yaitu ATM setor tunai.ATM setor tunai merupakanfenomena baru dalam hal perbankan. ATM setor tunai ini mengusung fitur layanan24 jam, yang berfungsi sebagai alternatif lain untuk menyetorkan sejumlah uangtunai kesaldo tabungan, transaksi, pembayaran, dan yang lainnya. Penelitian inidilakukan untuk melengkapi atau menyempurnakan dari penelitian terdahulu,dimana hasil penelitian terdahulu memberikan hasil yang beragam.

Tujuanpenelitian ini yaitu untuk mengevaluasi persepsi dan kepercayaan nasabahterhadap keputusan mereka untuk menggunakan ATM setor tunai. Berdasarkan pada uraian diatas, makapenulis mengadakan penelitian dengan judul Analisis Pengaruh Persepsi dan KepercayaanNasabah terhadap Keputusan Menggunakan ATM Setor Tunai pada Bank BRI CabangSampit.1.2Rumusan MasalahBerdasarkan uraian latar belakangbelakang dan judul proposal diatas, maka disusun rumusan masalah sebagaiberikut:1.

    Apakahpersepsi nasabah berpengaruh terhadap keputusan menggunakan ATM setor tunaipada bank BRI cabang Sampit?2.    Apakahkepercayaan nasabah berpengaruh terhadap keputusan menggunakan ATM setor tunaipada bank BRI cabang Sampit?1.3  Tujuan PenelitianBerdasarkan rumusan masalah tersebut,maka tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut:1.   Untuk mengetahui pengaruh persepsi nasabahterhadap keputusan menggunakan ATM setor tunai pada bank BRI cabang Sampit.

2.   Untuk mengetahui pengaruh kepercayaannasabah terhadap keputusan menggunakan ATM setor tunai pada bank BRI cabangSampit.1.4Manfaat PenelitianManfaat yang dapatdiperoleh dari penelitian ini adalah: 1.4.1Manfaat TeoritisBagi Penulis, dapat memberikan tambahanpengetahuan dan melatih kemampuan dalam menganisis suatu isu terbaru dalammasyarakat, yaitu trend perkembangan pelayanan dari perbankan.Bagi Peneliti Selanjutnya, dapatdijadikan sebagai salah satu bahan acuan dan contoh referensi atau bahanpenelitian lanjutan.1.4.2Manfaat PraktisBagi Bank BRI, diharapkan dapat membantuperusahaan perbankan untuk digunakan sebagai bahan perbandingan, pertimbangandan menentukan langkah-langkah selanjutnya, sehingga diharapkan dapat lebih meningkatkan minatnasabah yang sudah ada maupun bagi calon nasabah selanjutnya  untuk menggunakan pelayanan pada bank BRIini.

Post Author: admin

x

Hi!
I'm Dora!

Would you like to get a custom essay? How about receiving a customized one?

Check it out